Tugas 5 RK B
Uber Ride
Deskripsi Uber
Uber Technologies Inc. adalah perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, California, yang menciptakan aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan langsung. Perusahaan ini juga mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia. Mobil dapat dipesan dengan mengirim pesan teks atau memakai aplikasi bergerak khusus—pilihan terakhir juga bisa digunakan untuk melacak lokasi mobil pesanan pengguna.
Tujuan utama Uber
Tujuan dari dibuatnya uber adalah untuk menjangkau semua daerah dan menghubungkan melalui transportasi. Dari sini visi dan misi Uber dapat dijabarkan sebagai:
Meningkatkan kualitas hidup
Dengan adanya Uber, diharapkan pengguna mendapatkan kemudahan dalam berbagai sektor hidupnya.
Selalu Tersedia bagi setiap pelanggannya
Uber selalu berusaha menciptakan environment yang konsisten dan selalu tersedia kapanpun dan dimanapun.
Menciptakan peluang baru
Uber berharap untuk menciptakan peluang usaha baru dengan adanya company tersebut.
Menciptakan Uber yang dapat diandalkan
Uber berusaha menciptakan citra perusahaan yang reliable dan dapat diandalkan.
Cara kerja applikasi Uber
Stakeholder Aplikasi
Stakeholder merupakan orang-orang yang memegang peranan penting dalam merancang, membuat dan menjalankan aplikasi. Untuk Uber sendiri, stakeholder dari aplikasi ini adalah
Tim Pengembang (Developer)
Project Manager
Business Analyst
UI/UX Designer
Quality Control
Product Owner
Database Admin
Quality Assurance Tester
Karyawan Organisasi Uber
Seluruh struktur organisasi Uber
Pemilik Uber
Pemilik yang melakukan cek secara berkala terhadap aplikasi, menerima porsi dari keuntungan, serta melakukan verifikasi terhadap berkas pengguna dan pengemudi.
Pengemudi (Driver) Uber
kontraktor yang menjadi driver untuk Uber, mendapatkan porsi keuntungan dengan menggunakan baik memiliki mobil pribadi atau menyewa mobilnya.
Pemilik Restoran
Pemilik restoran yang mendaftarkan diri menjadi mitra usaha bersama dengan Uber dan menggunakan jasanya untuk menjual dan mengantarkan pesanannya lewat Uber.
Pelanggan
Masyarakat umum yang telah mendaftarkan diri sebagai pengguna Uber dan dapat menggunakan jasa Uber untuk transportasi maupun pengiriman makanan
Penerbit Metode Pembayaran
Penyedia pembayaran seperti bank dan perusahaan e-money juga pastinya menuntut kemudahan dalam berinteraksi dengan pemilik toko baik dalam urusan pengambilan uang ataupun perpanjangan kerjasama.
Functional Requirements
Pengemudi Uber
Melakukan Pendaftaran sebagai pengemudi.
Dapat menghubungi client jika ada kendala.
Menerima pesanan atau melakukan pembatalan order apabila terkendala.
Melihat total pemasukan yang telah didapatkan hari ini serta menarik saldo pemasukan yang telah didapat.
Menerima uang tip secara penuh dari pengguna.
Menerima rating dan ulasan dari pengguna.
Menghubungi dan terkoneksi dengan pengguna.
Pengguna Uber
Melihat daftar transaksi yang pernah dilakukan.
Memberikan rating serta ulasan tentang pelayanannya.
Mendapatkan metode pembayaran yang variatif.
Mendaftar sebagai pengguna pada aplikasi.
Melakukan pemesanan pada aplikasi.
Melakukan pembatalan pesanan baik berupa jasa maupun makanan.
Dapat menghubungi driver jika ada masalah dalam pemesanan.
Menggunakan promosi yang disediakan oleh Uber.
Pemilik Restoran
Mendapatkan / mengambil uang keuntungan usaha.
Menambahkan dan menghapus menu yang tersedia.
Mendaftarkan restoran sebagai mitra usaha dan mendapatkan keuntungan seperti promosi.
Menerima pesanan dari pengguna Uber.
Menambahkan promo terhadap menu
Mengontak client jika ada kesalahan.
Penerbit Metode Pembayaran
Sistem dapat memberikan keuntungan dari tiap pembayaran menggunakan metode yang diasosiasikan dengannya.
Sistem menyediakan layanan yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan pihak Uber dan menerima laporan pendapatan.
Non Functional Requirements
Sistem dapat menyediakan pembayaran dengan mata uang yang sesuai dengan negara tempat dipesannya.
Sistem harus menyediakan pembayaran mudah digunakan
Sistem menyediakan fitur seperti chat dan telepon sebagai komunikasi terkoneksi antara pengemudi dan pengguna.
Sistem selalu tersedia dan dapat digunakan 24/7 dan memiliki latency yang rendah.
Sistem dapat menampilkan lokasi pengemudi yang presisi kepada penggunanya dan berlaku sebaliknya.
Sistem dapat menyediakan layanan yang konsisten dan cepat seiring bertambahnya jumlah pengguna.
Comments
Post a Comment